Skip links

6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Perjalanan Jauh

6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Perjalanan Jauh

 

LEBARAN, satu momen yang selalu dinanti bagi semua umat Muslim bahkan Non-Muslim di Indonesia.

tips menjaga kesehatan saat perjalanan jauh – LEBARAN adalah satu momen kemenangan setelah berpuasa penuh selama 1 bulan ini serta sekaligus jadi momen kebersamaan dengan keluarga terkasih.

Salah satu kebiasaan yang kental dengan suasana lebaran selain ketupat ialah MUDIK. MUDIK, memiliki arti pulang sejenak ke kampung halaman. MUDIK serta berkumpul dengan keluarga besar sekaligus juga melepas kepenatan setelah bekerja satu tahun penuh di kota pasti jadi salah satu hal yang tak ingin ditinggalkan.

Supaya momen MUDIK tidak terhambat, ada banyak panduan kesehatan yang bisa dipakai saat anda jadi “peserta” MUDIK tahun ini:

  1. Pastikan anda dalam kondisi sehat sebelum mengawali perjalanan. Anda dapat melakukan kontrol kesehatan ke dokter sebelumnya jika dibutuhkan. Konsumsi makanan yang bergizi supaya badan anda tetap sehat.
  2. Tidur yang cukup pada H-1 perjalanan (8-10 jam). Jika anda akan bepergian menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan yang anda gunakan dalam kondisi baik. Jika anda memakai kendaraan roda dua, janganlah lupa menggunakan helm serta jaket saat perjalanan. Bawa serta selalu tetes mata untuk mengatasi tanda-tanda iritasi mata yang terjadi saat perjalanan. Gatal pada mata waktu mengemudikan kendaraan dapat membahayakan keselamatan anda serta penumpang.
  3. Janganlah lupa beristirahat sejenak dengan berhenti pada tempat peristirahatan jika anda capek. Anda dapat meregangkan badan dalam tempat peristirahatan, bahkan juga anda dapat tidur sejenak jika dibutuhkan. Obat oles untuk mengurangi ngilu sendi dapat jadi “teman” yang baik dalam perjalanan. Jika anda yang mengemudikan kendaraan waktu mudik, jangan sampai memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan jika anda merasa capek atau mengantuk sebab akan beresiko terjadi kecelakaan.
  4. Upayakan tidak untuk merokok dalam perjalanan, sebab merokok bisa mengakibatkan kekurangan oksigen yang akan berbuntut pada kekurangan konsentrasi (sangat beresiko buat anda yang mengemudikan kendaraan).
  5. Minum air putih yang cukup supaya tidak mengalami panas dalam ataupun dehidrasi. Selain itu, air putih yang cukuplah dapat membantu anda mengawasi konsentrasi mengemudi dalam perjalanan. Pastikan anda mengkonsumsi paling dikit 2 liter air setiap harinya.
  6. Tetap menjaga kebersihan saat perjalanan. Bersihkan tangan sebelum makan untuk mencegah sakit perut. Siapkan selalu obat diare, sebab kita tidak tahu kualitas dari makanan yang dikonsumsi saat perjalanan.

Demikian sedikit panduan kesehatan yang dapat digunakan saat MUDIK. Akhir kata, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat liburan!

Join the Discussion