Skip links

Metoda Perencanaan Keselamatan Kerja

“MALAPETAKA MEMBUNTUTI SETIAP PEKERJA TAMBANG”

Kalimat tersebut diatas bukan sebatas mengada-ada. Namun hal semacam itu merupakan kesan dan kesimpulan dari para ilmuwan dan para ahli saat berkumpul di Perancis. Para ilmuwan itu mengambil kesimpulan setelah sebelumnya melihat dan menyelidiki mengenai liku-liku para pekerja di tambang. Mereka telah mengambil kesimpulan seperti itu dan tidak dapat dirubah lagi. Memang terkesan sangat menakutkan bagi kita semua yang saat ini bekerja sebagai pekerja tambang.

Para ilmuwan mengatakan dimana ada seorang pekerja tambang melakukan aktifitas pekerjaannya, maka tidak dapat dihindarinya kalau di belakangnya sudah menanti monster maut yang siap menerkamnya. Monster maut itu akan siap melahap setiap pekerja yang sedang bekerja maupun orang lain yang hanya memasuki area pertambangan. Semua pekerja tambang selanjutnya tidak lagi dapat bekerja dengan seenak hatinya. Dimana ada pekerja tambang yang memulai bekerja, disaat itu juga malapetaka atau kematian akan menjemputnya dari belakang. Semakin ulet pekerja berupaya lari darinya, maka semakin cepat juga maut mengejarnya. Tidak ada kata lain, monster besar yang berupa kematian itu tidak mau minggir dari kita barang sedetikpun. Dan hal semacam ini pulalah yang hingga saat ini masih selalu membuat resah dan menghantui kita semua. Bagaimana tidak! Kondisi tambang yang tadinya sangat kita impikan penuh dengan kondisi yang menyenangkan, ternyata dipenuhi dengan kondisi yang sangat menyeramkan kita. Akankah kita berpikir untuk meninggalkan pekerjaan ini? Apakah kesimpulan para ahli itu tidak dapat ditawar – tawar lagi? Kenapa malapetaka menjadi sedemikian dekat dengan kita? Apakah ada penolaknya? Itulah beberapa pertanyaan yang mana jawabannya sangat kita nantikan.

Dari banyaknya kesimpulan para ilmuwan yang sangat mengerikan itu, belakangan muncul khabar gembira dimana ada sedikit kesimpulan yang dapat membuat kita masih tetap bisa bernafas lega. Para ilmuwan telah menemukan beberapa cara khusus agar kita dapat tetap bekerja di tambang dengan tenang.

Selanjutnya para ilmuwan itu menyusun beberapa cara atau langkah kerja untuk menghindari malapetaka. Dan formula itu kemudian dibagikan ke seluruh anggotanya di mana diharapkan agar masing-masing anggotanya mau menyampaikan kepada bebrapa rekan pekerja di masing-masing negaranya. Bilamana kita masih tetap menginginkan bekerja dengan aman di daerah tambang, maka cara atau formula itu harus digerakkan dengan sungguh sungguh dan tidak dapat dikerjakan hanya dengan beberapa setengah.

Mengenai isi dari formula agar kita dapat bekerja tanpa dibuntuti oleh petaka yaitu :

  1. Bekerjalah dengan mengikuti Prosedur Kerja yang sudah ada.
  2. Bekerjalah dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).
  3. Bekerjalah disaat Kondisi benar-benar aman.
  4. Bekerjalah dengan hati-hati dan jangan bertindak ceroboh.

Setelah kita tahu isi dari formula bekerja dengan aman seperti itu diatas, selanjutnya kepada kita semua diharapkan disaat bekerja agar mematuhi ketentuan yang telah dibuat oleh perusahaan. Karena ketentuan itu dibuat tidak untuk mempersulit kita dalam bekerja. Namun ketentuan dibuat untuk melindungi pekerja dari munculnya bahaya/kecelakaan kerja.

Join the Discussion