Skip links

Pengertian Forklift, Kegunaan, Bagian dan Jenisnya

Pengertian Forklift, Kegunaan dan Jenisnya. Angkutan Multimoda atau Forklift yaitu angkutan barang dengan menggunakan paling sedikit 2 (dua) moda angkutan yang berbeda atas dasar 1 (satu) kontrak sebagai dokumen angkutan multimoda dari satu tempat diterimanya barang oleh badan usaha angkutan multimoda ke suatu tempat yang ditentukan untuk penyerahan barang kepada penerima barang angkutan multimoda.

Sementara OECD mendeskripsikan angkutan multi moda sebagai “Movement of goods (in one and the same loading unit or a vehicle) by successive modes of transport without handling of the goods themselves when changing modes” atau bila diterjemahkan sebagai pergerakan barang (dalam satu unit muatan atau kendaraan) dengan moda dengan berbagai moda tanpa penanganan barang tersebut ketika perpindahan moda.

Moda Angkutan Petikemas

Moda yang digunakan dalam angkutan petikemas sebagai berikut :

  1. Kapal peti kemas yaitu kapal yang khusus digunakan untuk angkutan peti kemas
  2. Truk peti kemas yaitu truk yang khusus digunakan untuk angkutan petikemas
  3. Kereta api petikemas yaitu kereta api barang yang dirancang untuk mengangkut petikemas

Perangkat bongkar muat

Perangkat yang diguanakan untuk pemindahan petikemas yaitu

  1. Kran peti kemas atau yang dikenal sebagai container crane, memiliki kapasitas yang tinggi.
  2. RTG yaitu perangkat untuk memindahkan peti kemas di lapangan penumpukan pelabuhan
  3. Kran yaitu perangkat untuk memindahkan peti kemas yang sederhana dengan kapasitas rendah
  4. Forklift yaitu perangkat yang digunakan untuk mengangkat peti kemas.

Beberapa Jenis Forklift

Berikut beberapa jenis forklift yang beredar dipasaran, yaitu :

1.FORKLIFT REACH TRUCK
Forklift ini berfungsi untuk memindahkan beban berkapasitas besar sekaligus mampu diangkat dalam proses penataan diatas beberapa rak tinggi. Memiliki kapasitas sampai 2 ton dengan tinggi angkat hingga 8, 5 meter.

2. FORKLIFT ELECTRIC
Jenis ini digunakan sebagai alat angkut dalam pemindahan barang berkapasitas besar baik indoor ataupun outdoor, termasuk dalam kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan, pabrik, gudang, ekspedisi dan lain-lain. Memiliki kapasitas hingga 5 ton dengan tinggi angkat hingga 6 meter.

3. FORKLIFT DIESEL
Forklift ini merupakan kendaraan modern yang dilengkapi sistem mutakhir dengan kwalitas yang baik. Memiliki kegunaan sebagai alat angkut untuk bongkar muat atau pemindahan beban yang sangat baik digunakan di outdoor. Memiliki kapasitas hingga 10 ton dengan tinggi angkat hingga 6 meter.

4. FORKLIFT GASOLINE
Kendaraan yang digunakan untuk bongkar muat atau pemindahan barang dari satu area ke area yang lain bahkan dapat digunakan untuk mempermudah penataan pada rak – rak tinggi. Memiliki kapasitas hingga 2 ton dengan tinggi angkat hingga 2 meter.

Bagian-Bagian Forklift

Berikut Bagian-bagian Forklift dan Kegunaannya :

Fork

Fork berfungsi untuk menopang benda yang akan Anda bawa atau angkat. Benda yang terbentuk dari dua buah besi lurud selama 2, 5 m ini mampu mengangkat beban berat. Selain itu, bila Anda mampu menentukan posisi benda dengan berat optimal.

Mast

Mast berfungsi debagai tilting dan lifting ini dirancang dengan dua buah besi tebal terkait dengan hydrolic system yang dirangkai menjadi satu dengan forklift ini.

Carriage

Cariage merupakan penghubung fork dan mast ini dapat menunjang kinerja forklift dengan baik. Benda ini sebagai sandaran dan pengaman untuk barang-barang yang di bawa pada pallet untuk memudahkan Anda dalam penangkatannya dan transportasinya. Dibenda berikut fork yang digunakan sebagai tempat meletakkannya benda dapat dibawa dengan sempurna.

Counterweight

Counterweight merupakan benda yang mampu menyeimbangkan beban yang Anda bawa pada forklift. Bagian ini terletak berlawanan dengan posisi fork.

Overhead Guard

Overhead Guard merupakan pelindung untuk pengemudi alat berat ini atau yang sering disebut dengan forklift driver. Menjaga dari kecelakaan atau jatuhnya barang bawaan yang sedang di bawa dan melindungi dari panas matahari dan hujan.

Join the Discussion